Back to homepage

RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Berkomitmen Membangun Zona Integritas Menuju WBK

Salah satu upaya pencegahan untuk mengurangi terjadinya tindak pidana korupsi adalah  dengan cara mewujudkan Zona/Wilayah  Bebas dari Korupsi (WBK) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi pemerintah. Untuk menuju terbentuknya Wilayah Bebas  dari Korupsi, maka terlebih dahulu perlu dibangun Zona Integritas di lingkungan Unit Kerja/ SKPD.

Sebagai langkah awal pada bulan Mei 2014, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  telah mencanangkan Pembangun-an Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Ko-rupsi (WBK)  di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014. Pencanangan tersebut merupakan momentum untuk meneguhkan semangat dan komitmen seluruh jajaran instansi pemerintah dalam me-wujudkan reformasi birokrasi menuju birokrasi yang bersih, anti korupsi.

RSJD Dr. RM Soedjarwadi selaku SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik dan mendukung sepenuhnya agenda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan reformasi birokrasi menuju birokrasi yang bersih, anti korupsitersebut, dan berkomitmen untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Langkah2 konkrit telah dilaksanakan dengan membentuk Tim  Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di bulan Desember 2015 , diikuti dengan penyusunan program kerja. Adapun pencanangan/deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di  dilaksanakan RSJD Dr. RM Soedjarwadi pada bulan Maret tahun 2016. Berbagai kegiatan sosialisasi dalam rangka internalisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada pegawai, masyarakat dan stakes holder terkait terus dijalankan sampai saat ini melalui berbagi forum dan media seperti : apel pagi, pemasangan banner/spanduk, sosialisai di event yang menghadirkan publik, menciptakan Jingle anti korupsi, pemakaian PIN WBK, sosialisasi melalui website dan media sosial, dll.

Berbagai program yang dijalankan dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) mencakup:

  1. Program Manajemen Perubahan
  2. Program Penataan Tata Laksana
  3. Program Penguatan Akuntabilitas
  4. Program Penataan Manajemen SDM Aparatur
  5. Program Penguatan Pengawasan
  6. Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik