Back to homepage

RSJD Dr. RM. Soedjarwadi menerapkan Green and Healthy Hospital

RSJD Dr. RM. Soedjarwadi berkomitmen untuk menerapkan Green Hospital sebagai wujud dukungan atas inisiatif global untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup di bidang kesehatan dan mengadvokasi kebijakan yang mendukung kesehatan lingkungan dan masyarakat. Green Hospital merupakam konsep baru dalam perancangan dan manajemen rumah sakit. Konsep green hospital ini mengorientasikan rumah sakit sebagai bangunan yang berwawasan lingkungan dan jawaban atas tuntutan kebutuhan layanan dan pelayanan paripurna serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan.Munculnya konsep green hospital ini merupakan respon dari memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global dan pemborosan energy. Green bermakna sebuah pemikiran baru dalam environmental response demi menciptakan lingkungan yang berkelanjutan (sustainable). 

Terdapat Sembilan langkah teknis sederhana namun strategis yang dapat dilakukan dalam green hospital :

  1. Hemat Listrik

Mengefisienkan penggunaan energi listrik sehari-hari dan menggunakan energy hijau yang bersih dan berkelanjutan.Mematikan lampu dan alat listrik yang tidak digunakan adalah hal sederhana yang dapat dilakukan.Sumber energi berkelanjutan yang dapat digunakan rumah sakit seperti listrik tenaga matahari dan tenaga angin.

  1. Hemat Air

Mengefisienkan dan mengurangi penggunaan air yang tidak perlu dalam penggunaannya sehari-hari, bahkan perlu dipikirkan juga mengenai pemanfaatan air hujan.Perlu juga membuat sumur resapan air di sekitar rumah sakit untuk menjaga ketersediaan air dalam tanah.

  1. Mengurangi Penggunaan kertas

Penggunaan kertas dapat dikurangi dengan cara  memperkecil ukuran kertas atau menggantikannya secara elektronik atau online. Bias pula dengan menggunakan kertas dari bahan daur ulang. Urusan birokraasi di rumah sakit yang banyak menggunakan kertas sudah saatnya dipangkas (paperless report).

  1. Pengelolaan limbah

Seluruh bangunan pasti menghasilkan limbah apalagi rumah sakit.Untuk itu perlu pengelolaan limbah yang arif bagi lingkungan.Limbah bahan berbahaya harus diolah dengan standard yang sesuai syarat yang berlaku.Pengelolaan limbah mengacu pada prinsip-prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan.

  1. Pengelolaan sampah

Pemilahan sampah yang baik dan benar yakni memisahkan sampah organic, non organic, dan medis sudah umum diterapkan di rumah sakit.Yang menjadi masalah terbesar adalah perilaku orang, baik itu pengunjung/penunggu pasien maupun petugas yang kurang sadar membuang sampah pada tempatnya.Sampah organik bisa dibuat sebagai kompos.

  1. Penggunaan produk ramah lingkungan

Bahan-bahan yang digunakan di rumah sakit seperti plastik dan sterofoam yang sulit terurai agar tidak digunakan lag. Penggunaannya dapat diganti dengan bahan lain yang mudah terurai atau menggunakan alat yang bias dipakai ulang.

  1. Menanam pohon

Icon program go green adalah menanam pohon. Tidak terkecuali di rumah sakit, lahan kosong dapat dimanfaatkan menjadi lahan terbuka hijau.Sebenarnya inilah hal paling sederhana yang dapat segera dilakukan. Pepohonan dan tanaman hijau akan meningkatkan kualitas udara menjadi lebih sehat.

  1. Desain bangunan

Bangunan rumah sakit perlu didesain dan dirancang dengan mengakomodasi pemanfaatan potensi alam secara efisien.Desain bangunan rumah sakit sebaiknya mempertimbangkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang efektif. Efek lain adalah akan menghemat penggunaan listrik. Contohnya adalah dengan membangun gedung menghadap ke timur, maka cahaya alami dari matahari akan membantu pencahayaan gedung rumah sakit dari pagi hingga siang hari.

  1. Bahan Bangunan

Bahan bangunan seperti pemilihan cat bangunan diupayakan tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, begitu juga dengan penggunaan material seperti alat dan bahan dalam perasional rumah sakit.

Kegiatan pokok green hospital tidak terlepas dari 10 sasaran Golabl Green & Healthy Hospital (GGHH) yaitu

  1. Kepemimpinan, yang memprioritaskan kesehatan lingkungan
  2. Pengelolaan bahan kimia, dengan mengganti bahan kimia yang membahayakan dengan alternative yang lebih aman.
  3. Limbah, pengelolaan dengan mengurangi, mengolah dan membuang limbah secara aman dengan cara-cara yang berwawasaan lingkungan.
  4. Pengelolaan Energy, dengan melaksanakan efisiensi energy dan menggunakan eneri bersih serta terbarukan,
  5. Air, mengurangipenggunaanair di rumah sakit dan mengadakan pasokan air layak minum
  6. Transportasi, meningkatkan strategi transportasi untuk pasien dan staf
  7. Makanan, pembelian dan penyajian makanan sehat hasil dari system pola tanam yang berkelanjutan
  8. Farmasi, pengelolaan farmasi dan pembuangan limbah farmasi yang aman
  9. Bangunan, mendukung desain dan konstruksi rumah sakit yang hijau dan sehat
  10. Pengadaan barang, membeli produk dan bahan yang lebih aman dan berkelanjutan.

CAPAIAN/PRESTASI:

  • Penghargaan atas Partisipasi dalam Lomba Green Hospital Pratama dari Kemenkes RI